Jumper21’s Blog

January 20, 2009

Je t’aime a Paris

Filed under: City , village or kota — jumper21 @ 12:49 pm

aku pingin keliling dunia dan selalu kota yang kutuju  adalah IBU KOTA  dan kota di luar Indonesia yang paling ingin di kunjungi adala PARIS dimana nyonya besar Eiffel berada tepat di Pusat kota,  disini lah sejarah dari zaman Napoleon Bonaparte sampai Nikolas Sarkozy dimulai. dan ini cerita singkat yang bersumber dari WIKIPEDIA,

Paris adalah ibu kota Perancis dan juga merupakan ibu kota région Île-de-France, yang daerahnya meliputi kota Paris beserta daerah pinggirannya.

Kota ini memiliki penduduk 2.147.857 jiwa (1999). Sedangkan daerah metropolitan Paris atau Paris Raya memiliki penduduk 11.174.743 jiwa (1999). Paris merupakan kota terpadat di Uni Eropa dan kota metropolitan terbesar kedua di Eropa (setelah Moskwa, setara dengan London), dan juga kota metropolitan berpenduduk terbanyak ke-20 di seluruh dunia.

Daerah Paris Metropolitan Raya, dengan total PDB yang lebih tinggi dari Brasil atau Rusia pada tahun 2003, adalah pusat keuangan dan bisnis terbesar di Eropa (berikut London), menampung lebih dari 30% populasi pekerja kantoran, dan juga lebih dari 40% dari kantor pusat perusahaan-perusahaan Perancis, dengan distrik bisnis terbesar di Eropa (La Défense) dan pasar bursa terbesar kedua di Eropa (Euronext).

Terkenal sebagai ‘Kota Bertaburan Lampu’ (la Ville Lumière), Paris adalah tujuan wisata terkemuka sejak dahulu kala. Kota ini dikenal dengan arsitektur bangunannya yang indah, pengaturan kota dan jalan-jalan besarnya, dan juga koleksi museum-museumnya. Dibangun di tepi sungai Seine, kota ini dibagi menjadi dua bagian: Tepi Kanan ke arah utara dan Tepi Kiri yang lebih kecil ke arah selatan.

Sebelumnya sebagai ibu kota kerajaan yang koloninya tersebar di lima benua, saat ini Paris masih disebut sebagai pusat untuk dunia bahasa Perancis dan mempertahankan posisi yang kuat di percaturan dunia dengan menjadi tuan rumah dari markas besar OECD dan UNESCO. Hal ini, dilengkapi dengan kegiatan keuangan, bisnis, politik, dan wisata, telah menjadikan Paris sebagai salah satu rangkaian transportasi utama di dunia. New York, London, Tokyo, dan Paris sering disebut sebagai empat kota utama terbesar di dunia.

Geografi

Paris terletak di sekitar Sungai Seine, termasuk dua pulaunya Île Saint-Louis dan Île de la Cité, yang merupakan bagian tertua kota ini. Secara keseluruhan, Paris terletak di daerah rata dengan ketinggian terendah 35 meter dari permukaan laut. Selain itu, di Paris juga terdapat beberapa bukit, yang tertinggi adalah Montmartre setinggi 130 meter. Paris melingkupi daerah seluas 86,9 km². Jika ditambah lagi dengan dua taman Bois de Boulogne dan Bois de Vincennes yang dimasukkan ke wilayah Paris pada tahun 1929, luasnya mencapai 105,4 km²

Paris memiliki iklim laut, dipengaruhi Arus Atlantik Utara, sehingga suhu di kota ini tidak pernah terlalu tinggi ataupun rendah. Suhu rata-rata tahunan Paris tertinggi adalah 15°C, terendah 7°C. Suhu tertinggi yang pernah tercatat adalah 40,4°C pada 28 Juli 1948 sedangkan yang terendah mencapai -23,9°C pada 10 Desember 1879. Belakangan ini, Paris mengalami cuaca ekstrim seperti pada Gelombang Panas Eropa 2003 dan Gelombang Dingin Eropa 2006

Kota Paris merupakan kota turisme. Jutaan turis berdatangan ke kota ini untuk menikmati suasana khas kota ini serta citranya sebagai salah satu pusat seni moderen. Kota ini juga memiliki banyak museum dengan koleksi penting. Berikut adalah objek turisme utama di Paris:

400px-tour_eiffel_at_sunrise_from_the_trocaderoarc-de-triomphe

1 Comment »

  1. yang aku suka dari paris prancis hanya satu . .

    French bread . . roti prancis .

    roti prancis yang berbentuk panjang itu, dari dulu entah kenapa aku suka melihar roti iu. Karena nampak sangat enak sekali jika dimakan, padahal sampai detik ini aku belum pernah merasakan bagaimana rasanya roti prancis itu.

    ha . ha . ha .

    .
    .
    as you wish, I hope one day you can go there. The place that most beautifully places around the world. It’s French.

    tapi hati-hati, stau aku, prancis masih jadi salah satu negara yang mengkhawatirkan keagamaan yang berlebihan karena anutan mereka yang percaya di filosofi=filosofi yang dibuat oleh para filsuf prancis.

    Itu cuman setau aku iia . aku belum pernah pergi ke Prancis. Paling cuman si ayah yang pernah kesana, tapi itu juga cuman beberapa hari.

    he .

    Comment by naya — January 20, 2009 @ 1:56 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: